jump to navigation

Metalika Jowo Juni 20, 2006

Posted by nggedabrus sontoloyo in Musik, Semantik.
trackback

Justice For All

Kenapa sih bahasa di blog ini carut marut dari Madiun sampai Manchester?
Begini, kali ini saya tidak bermaksud bersembunyi dibalik keluguan orang desa. Dus, tidak pula bersembunyi dibalik kata-kata bahwa “nggedabrus” boleh seenak belly-button.

Bukan.

Lepas dari anggapan orang bahwa bahasa Indonesia itu tidak cool (selanjutnya saya sebut sebagai “bahasa” saja. Untuk bahasa Inggris saya sebut “English”. Red), saya suka kok pake bahasa. Masalahnya, untuk beberapa kasus bahasa kurang luwes.

Misalnya untuk bikin lagu heavy metal.
Lagu heavy metal, pakai birama cepat. Banyak tikungan dan pendek-pendek. Perhatikan penggalan lirik dari Blackened Metallica :

Opposition…
Contradiction…
Premonition…
Compromise

Gimana kalo kita ganti bahasa? Susah.
Satu kata di bahasa Inggris bisa membentuk banyak kata di bahasa. Belum lagi diksi/penggalan bahasa yang panjang-panjang.

Coba terjemahkan Blackened pake bahasa. Pasti hasilnya : birama morat-marit. Nggak klop.

Tapi coba terjemahkan kedalam bahasa jawa. Ndilalah, cocok. Meski bukan terjemahan maknawiyah, yang penting vokal dengan musiknya nyambung. Lagu diatas jadi begini:

Opo iku…
Iku opo….
Opo wae…
Mreneo….

Mungkin terdengar lucu. Tapi kalo anda faham lagu Blackened, anda pasti manggut-manggut melu gendeng.

Bahasa jawa dan Inggris itu enak, luwes, dan supel. Dilain pihak, butuh skill tinggi supaya kita bisa menulis dalam EYD namun tetap enak dibaca. Mungkin cuma Pak Rektor dan PolisiEYD yang bisa.

Kalo kita sih suka-suka. Asal maksud tersampaikan, ya sudah.
Nafsu untuk menulis bagus tetep ada, tapi apa lacur tidak punya kemampuan semantik yang mumpuni.

Kenyataan ini, pada akhirnya memaksa saya gigit jari.
Saya pun hanya bisa melangkah gontai ke warung kopi, dan nggedabrus for more.

Ra mutu temenan.

Komentar»

1. nurmala - Juni 22, 2006

kayaknya saya jadi tertarik bahasa jawa deh…

2. ipoul-bangsari - Juni 23, 2006

Ra nggagas! ning sampeyan jos tenan kang. opo malah mbakyu?

3. ipoul-bangsari - Juni 23, 2006

jos tenan! ngawur ning ngangeni. aku dadi terisnpirasi. nuwun…

4. anima - Juni 28, 2006

wew, sayang aku g isa bhs jawa T.T

5. joni sumenep - November 9, 2007

ngeleh ik.

6. mowel - Mei 27, 2008

repott lah kalo,,,overlapping bahasa

7. cahyo "winongo" - September 25, 2008

blas ra pokro le!!! hancuuurrr dunia persilatan…..


Tinggalkan Balasan

