jump to navigation

Da Vinci Kemlinthi Juni 22, 2006

Posted by nggedabrus sontoloyo in Film.
trackback

Da Vinci Kemlinthi

Sampun nonton Da Vinci Code?
Baca novelnya juga?
(Kalau belum, sila baca ulasan film oleh si tukang spoiler Benny Chandra)

Menarik melihat ragam reaksi orang setelah membaca/melihat Da Vinci Code. Saya bisa kelompokkan jadi 4 golongan besar :

  • Pertama, menganggap Da Vinci Code cuma fiksi yang dibangun diatas kejadian nyata, seperti Titanic (Cuek).
  • Kedua, menggangap Da Vinci Code sangat merugikan kepercayaannya dan sampai mengadakan sesi counter-attack (Reaktif).
  • Ketiga, menanggapi Da Vinci Code secara bijaksana seperti Johan Wowor (proaktif).
  • Keempat, golongan paling kemlinthi, yaitu golongan yang merasa keminther bahwa mereka tau ada konspirasi besar dibalik Vatican.

Golongan terakhir, scholar dadakan, sering bikin saya jengkel.

Bukannya apa. Saya risih mendegar orang dengan kemampuan pas-pasan bilang : “Setelah melihat Da Vinci Code, sekarang saya tahu bahwa Yesus sebenarnya adalah manusia yang mulai dilantik jadi Tuhan setelah Konsili Nikea”.

Ini salah.

Lepas dari apakah Yesus manusia atau Devine (tergantung kepercayaan anda), satu-satunya konsili yang membahas Ketuhanan Yesus adalah pada Konsili Nikea II (tuh kan, saya ikut-ikutan kemlinthi masuk golongan keminther).

Apa boleh kita mengambil kesimpulan berdasarkan film dipadu dengan sedikit liputan spesial di National Geographic atau Discovery Channel?

Hanya orang-orang bodoh sekali (atau pandai sekali) yang mampu mengambil keputusan berdasarkan fakta-fakta yang tidak lengkap.

Sudah sifat alami manusia suka misteri. Inilah komoditas majalah sekelas Liberty. Rasa keingin-tahuan kita yang dimanipulasi sedemikian rupa atas nama oplah. Pada kasus Da Vinci, atas nama box-office.

Komoditas “rasa ingin tahu” tidak mengenal agama.
Sering kok waktu ngobrol di warung pasar, kami ngerasani MUI : “ah, fatwa-fatwa MUI palsu. Pasti sudah disetir pemerintah”.

Atas dasar apa kami mengambil kesimpulan itu?
Atas dasar komoditas koran Memorandum : kita suka sensasi.

Sepertinya sudah wah begitu, kalo mampu menghakimi MUI.
Sepertinya sudah jagoan begitu kalo mampu membeber pertempuran dan negosiasi budaya pagan dengan kultur Yerusalem dijaman kekaisaran Romawi.

Padahal ya sebetulnya nggak jelas.
Pikiran picik naif mengarahkan kita menjadi orang yang suka berburuk sangka. Ra mutu temenan.

Parahnya, badan sensor film Indonesia juga ndak kalah paranoidnya. Hla mosok, liat Da Vinci Code kok serasa liat film bajakan: banyak teks yang tidak ditulis terjemahannya.

Ini kan malah membuat penonton semakin yakin : “konspirasi Da Vinci benar-benar ada. Kalau nggak, ngapain pake sensor teks segala”.

Bener-bener ra mutu.

Ah sudahlah. Saya tidak begitu peduli dengan konspirasi. Saya cuma kecewa bahwa uang 25 ribu melayang percuma di plasa semanggi. I want my money back.

Saya mungkin golongan kelima, golongan naif chauvinistik yang suka menggolong-golongkan golongan yang lain. Kalau anda golongan yang mana?

ps. meski tidak gemar menabung, di KTP saya tertera Islam.

Komentar»

1. ipoul-bangsari - Juni 22, 2006

waduh, saya malah belum baca maupun nonton. padahal saya sudah beli bukunya, cuma belum sempat (baca: males) membacanya. ngomong2 tulisan”I want my mony back” salah redaksi tuh, terutama kata “mony” bukannya “money”? maafkan saya…

2. Mbilung - Juni 22, 2006

Dolanane da Vinci apik-apik yo. tapi yo kui, mbundet. lha wong dia itu nulis aja kebalik kok, bacanya mesti pake cermin, Arep jungkatan opo kok nganggo cermin? Lho … jangan-jangan da Vinci kui narsis, seneng dolanan cermin …… diteruskan bisa jadi konspirasi ini ….

3. kere kemplu - Juni 22, 2006
4. dental - Juni 22, 2006

davinci code yang proaktif atau reaktif tetep ndak mengubah keyakinan saya, bahwa Cring adalah media anonym yang paling ciamik!

5. N/A - Juni 23, 2006

Ipul-Bangsari
Sudah dikoreksi. Ra mutu temenan.

Pak Lek Mbilung
Narcistnya Da Vinci bisa jadi konspirasi. Menawi panjenengan narsis saged dadhos menopo? :p

Pak Dhe Kere Kemplu
*melu ngguyu pisan*

Dental
Amen.

6. Mbilung - Juni 23, 2006

Lha kalo saya narsis bisa jadi konstipasi.

7. ndoro kakung - Juni 23, 2006

beginilah kalo mesin bertemu kucing mabok ….:D

8. MT - Juli 3, 2006

keminther apaan sih?

9. niatnulis - Juli 10, 2006

Pengen nonton Da Vinci Code sing nganggo boso Jowo. Pemain-pemaine blangkonan lan jaritan. Latar belakange keraton solo. Trus ono boso misuh-misuh. Damput tenan!

10. Paulus Handoko - Juli 15, 2006

Da Vinci Code adalah realita yang selama ini disembunyikan. Apa yang ditulis merupakan hasil riset dari para ahli yang meneliti berdasarkan bukti-bukti sejarah yang akurat. Pada akhirnya kebenaran memang datang.

11. Adolf Paiman- 25 Juli 2006 - Juli 24, 2006

11. Da Vinci Code kemungkinan adalah sebuah kebenaran, hanya orang orang yang kadang nggak mau berpikir wae yang sulit menerima kenyataan, atau juga sebuah kekeliruan, tapi semua tulisan itu sudah ada risetnya yoo, silahkan protessss!!

12. indiegal - Juli 28, 2006

Hehe, lucu-lucu en nyentil blognya…

Kalo saya yang mana ya ?
Wah, gak cukup cuma satu. Saya gabungan reaktif dan bijaksana *halah*.
Buku en filmnya beredar ? Biarin aja gak masalah kok. (bisa dibilang bijaksana kah ?)
Tapi kalo ada yang maen percaya en cepet langsung ngambil kesimpulan ? Nah perlu mengadakan sesi counter-attack, dengan cara cukup menjelaskan… (termasuk reaktif ya ?)

Hehe, lam kenal. GBU.

13. D'karjo - Juli 29, 2006

bingung….., yang jelas gue udah baca buku n’ nonton film nya! intinya lumayanlah buat nambah2 koleksi buku! n’ gak maluin banget kalo diajak ngomong soal film! Hah????

14. nur - April 25, 2007

untuk menipu anak-anak, dibuatkan film kartun
untuk menipu remaja, dibuatkan sinetron
untuk menipu rakyat dibuatkan partai politik
untuk menipu hamba film, dibuatkan Da Vinci Code
untuk menipu netter, dibuatkan blog nggedabrus
yok opo?

15. Chrishna - Mei 3, 2007

Sudah lama kristen adalah agama yang membingungkan, banyak sejarahnya yang membuat bingung umatnya sendiri seandainya umatnya itu mau tau lebih dalam tentang agama yang dianutnya, yang lebih mengenaskan lagi bahwa para pendeta SENGAJA menutup nutupi kerancuan itu dengan doktrin ketuhanan. Kalau kita mau berpikir secara logika keagamaan, injil adalah kitab nasrani yang sumbernya dari Tuhan,lalu beberapa oknum mencoba merubahnya dengan menambah nambahi atau mengurangi isinya yang tentunya untuk kepentingannya sendiri, ini bisa kita lihat banyaknya versi injil di dunia. APA TIDAK SALAH??
DAVINCI CODE adalah salah satu contoh kerancuan kristen yang mencoba untuk bangkit menunjukkan kebenaran yang selama ini telah ditutupi, cobalah lihat lebih dalam agama kristen ini maka kamu akan melihat banyak kesalahan didalamnya.

16. yunhi - Juli 13, 2007

pro-kontra itu biasa, yang penting tetep peace…
kalo saya pribadi menanggapi, novel dan film the da vinci code muncul dari negara yang mayoritas penduduknya pengikut gereja. yang menjadi pertanyaan malah seberapa jauh tingkat keimanan mereka terhadap agama yang mereka anut sendiri ? seolah mereka membuka borok mereka sendiri. sungguh ironiiiiis….

17. Muhammad Al ghazali - September 27, 2007

Sebenarnya ada fakta yang tidak terkuak dalam pembuatan film tersebut! memang film tersebut cukup mirip dg kisah aslinya tapi, perlu di garis bawahi bahwa saat pamutaran film tersebut: pada saat isa/yesus di salib, sebenarnya ia di angkat oleh allah ke langit, kemudian allah menganti isa yang sedang di salib, oleh salah satu murid isa yang berhianat, tentunya dengan semua mukjizat allah. jadi yang selama ini di puja-puja oleh umat kristiani itu adalah bukan isa yang asli tetapi murid isa yang berhianat. nanti di hari kiamat,”hari di mana hancurnya dunia” isa yang asli akan turun kembali bumi untuk menyayat umat kristen di dunia karena tadinya isa memerintahkan umatnya untuk menyembah allah, malahan umat isa menyembah isa. ia akan berkata “hai bani isroil(umat kristen) kenapa kamu menyembahku? apa kau tau?, yang berhak di sembah hanyalah allah! pencipta jagat raya, bukan aku”.

18. Muhammad al ghazali - September 27, 2007

Allah menurunkan kitab ke dunia ada 4 kitab
1. kitab injil
2. kitab jabur
3. kitab taurot
4. al-Quran

Kitab injil adalah titab panutan orang kristen. yang sebenarnya di tujukan untuk supaya umat manusia beribadat kepada allah. namun pada setelah jaman nabi isa kitab itu ada yang merevisi oleh para tokoh yang tidak suka kepada nabi isa. ajaran yang di tujukan kepada allah telah di salah artikan olah para tokoh itu. kemudian lahirlah agama kristen!

19. ERIK - Oktober 25, 2007

BAWASANYA MALAIKAT PENCABUT NYAWA SUDA MENUNGGU

20. mei - Mei 23, 2008

lha mbok digawe seneng-2 bae dab …. Bukune asyik diwaca kanggo turu, ndilalah film-e kok mbarahi ngantuk. Woahm …..

21. larepati - Januari 1, 2009

ada Muhammad al Gozilla ada Chrisna…mereka-mereka ini mau sok nyaingin Dan Brown dengan kayalan2 yang lain mengenai Kristen. wkakakakakakaka….cuman bedanya yang dua ini gak ngarang buku, alias goblok. wong bukan orang kristen kok mau ngomong kristen. mending Dan Brown dia memang bener2 ngerti kristen, cuman lebih butuh duit buat makan, jadi terpaksa ngarang sensasi. wekekekekek….gozilla..gozilla….chrisna…chrisna….wekekekekek

22. keli sriyono - Januari 12, 2009

kalau buat aku sih , MAKNA da vinci code itu ibarat kisah ashabul kahfi, yang tidak usah dipermasalahkan berapa tahun lama tidurnya di dalam gua, apakah ada binatang anjing nya atau tidak turut di dalam gua , namun kita ambil yang penting adalah INTISARI CERITA kisah ashabul yang asli , mau tau ? ini dia hikmahnya

komentar davinci code ini dibuat perumpamaan dengan cerita ashabul kahfi ………………………………..

MENURUT SAHIBUL HIKAYAT ………………………ke dua agama sebelum agama islam , yaitu yahudi dan nasrani
diumpamakan oleh Allah SWT adalah seperti kisah tujuh orang yang beriman di dalam gua ashabul kahfi. …………………………………..

tatkala salah satu dari tujuh pemuda berniat ingin mencari makan dengan keluar dari gua , maka ia mencari disekitar rumah penduduk di sekitar gua itu dengan membelanjakan mata uangnya yang ia punya dengan makanan tsb…….

alangkah terkejutnya ketika … seorang penduduk di sekitar itu yang MENERIMA MATA UANG DARI SANG PEMUDA …….

“Nak … kamu dari mana ….. mengapa pakaian kamu dan mata uang kamu BERBEDA DENGAN KAMI DI MASA SEKARANG ?”

“Memang mengapa bu …. kami merasa bahwa kami adalah sama seperti ibu di jaman ini ,”

“BUKAN … BUKAN itu yang ibu maksud…. yang ibu maksud adalah MATA UANG YANG NAK PUNYA ITU SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI DI JAMAN INI .”

“Memang kenapa bu, … mata uang ini ASLI lho bu, ini lho mata uang ini ada TAHUN PEMBUATANNYA , dan ada TANDA TANGAN YANG MERESMIKANNYA … ”

“Memang benar nak, WALAUPUN MATA UANG ANAK ADA TAHUN PEMBUATAN DAN DITANDATANGI OLEH YANG BERKUASA PADA MASA ITU , NAMUN MATA UANG ANAK HANYA BERLAKU PADA ZAMAN ITU, tidak berlaku pada zaman sekarang nak .”

“sekarang adalah jamannya nabi Muhammad SAW, bukan jaman nya lagi nabi MUSA AS , atapun nabi ISA AS , atau nabi nabi sebelum Nabi Muhammad SAW….. jadi segala sesuatu pada masa dulu yang berada pada masa Nabi Muhammad SAW ini sudah tidak berlaku lagi nak … seperti KITAB SUCINYA ,AJARANNYA ….. semuanya itu sudah disempurnakan dalam satu wadah yaitu AGAMA ISLAM sebagai agama agama yang diridhoi oleh Allah .. …….bukan agama agama lain , JADI SELAIN ISLAM JANGAN HARAPLAH MENCARI KERIDHOAN SANG MAHA PENCIPTA YAITU ALLAH SWT ……………………………..”

…………………………….

……. dari kisah di atas semoga menjadi perumpamaan bagi manusia DAN JUGA PARA PENCARI AGAMA SELAIN ISLAM …. untuk menyakini bahwa agama yang dirihoi oleh ALLAH SWT itu cuma satu yaitu ISLAM dengan Rasulnya yaitu Muhammad SAW………

KISAH ASHABUL KAHFI dapat kita tarik manfaat pengertiannya yaitu :

1. Untuk kaum Muslimin, bahwa Allah itu Maha Sempurna, Maha Segalanya, dapat mematikan makhluk yang masih hidup , ataupun menghidupkan makhluk yang sudah mati ( pada zaman Nabi Isa AS dengan mukjizatnya menghidupkan orang mati ), atau pun nanti pada masa kebangkitan akhir zaman .

2.Untuk Non Muslim, bahwa apa apa yang telah diturunkan sebelum Nabi Muhammad , baik itu kitab sucinya , ajarannya atapun peraturan Nabi nabi atau Rasul terdahulu itu SUDAH GUGUR setelah turunya Al Quran dan Nabi Muhammad SAW .Jadi Islam lah sebagai penutup dari semua kisah ajaran manusia semenjak Nabi Adam AS hingga Nabi Isa AS .

Akhir kata semoga tulisan ini dapat dijadikan hikmah yang kecil diantara lautan hikmah yang luas, yang kita tahu betapa Maha Segalanya Allah SWT, bila dibandingkan dengan dengan hambanya yang lemah, bodoh, dan tidak tahu masalah apa apa DENGAN MENGUTAK ATIK KODE DA VINCI SEGALA . Semoga tulisan kecil ini dapat dijadikan perbandingan dari masalah di atas yang membandingkan makna da vinci code dengan kehidupan akhir jaman Nabi Muhammad saw ini

aaaah ….. betapa jauuuuuuuuuuuuhnya diri kita dan ilmu kita dibandingkan dengan ilmu Allah SWT mengenai makna kode davinci …………

23. cofe - April 29, 2009

Hanya Ada satu yaitu keyakinan Pada Setiap Umat Yaitu islam,..!

24. cofe - April 29, 2009

No Islam No surga,…
Islam Bukan Hanya Ktp tapi Islam Tang Sesungguh Nya,..
No Comment,………………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: